Gambaran Umum

Kelurahan Klojen bisa dibilang sebagai kelurahan pusat kota yang namanya sama dengan nama kecamatan di mana kelurahan ini berada, yakni Kecamatan Klojen, Kota Malang. Kelurahan ini terdiri dari 7 RW (Rukun Warga) dan 47 RT (Rukun Tetangga).

Secara administratif, Kelurahan Klojen dikelilingi oleh kelurahan lainnya yang ada di Kota Malang. Di sebelah utara, Kelurahan Klojen berbatasan langsung dengan Kelurahan Samaan dan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen. Sedangkan di sebelah timur, kelurahan ini berbatasan langsung dengan Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing. Sementara di sebelah selatan, Kelurahan Klojen berbatasan dengan Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen. Lalu, di sebelah barat, kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen.

Klojen dipimpin oleh seorang Lurah. Dalam mengemban tugasnya sehari-hari, Lurah Klojen dibantu oleh staf dengan jumlah personel 10 orang. Untuk mengurus administrasi kependudukan, warga setempat bisa datang ke Kantor Kelurahan Klojen yang beralamatkan di Jl. Pattimura No.51 Kelurahan Klojen, Kota Malang, 65111. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor telepon kantor di (0341) 325861,  mengirimkan email ke kel-klojen@malangkota.go.id, atau melihat laman resminya di http://kelklojen.malangkota.go.id.

Dalam menjalankan tugas pemerintahan di wilayahnya, Kelurahan Klojen memiliki mitra kerja. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga masyarakat, hingga pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Selain itu, ada organisasi sosial kemasyarakatan seperti Karang Taruna, Karang Werda, Kader lingkungan, PSM (Pekerja Sosial Masyarakat), Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani dan Nelayan), KKB (Kader Keluarga Berencana), BKB (Bina Keluarga Balita), WKSBM (Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat), Tokoh Masyarakat, Gerdu Taskin, PLKB, Dasawisma, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK, Modin, Satgas Linmas, dan lain-lain.

Untuk mendukung misi Kota Malang sebagai salah satu kota pendidikan di Jawa Timur, pendidikan dari tingkat dasar, menengah pertama, hingga menengah atas di wilayah Kelurahan Klojen pun digalakkan. Kompleks SMA Tugu (SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4) di Alun-alun Tugu menjadi salah satu yang tenar dan favorit di wilayah kelurahan ini. Selain itu, Sekolah Menegah Islam juga terletak di Kelurahan Klojen.

Di Kelurahan Klojen juga terdapat Stasiun Malang Kotabaru, pusat moda transportasi kereta api masal di Malang. Selain Alun-alun Tugu, ada Taman Pintar Trunojoyo di depan stasiun yang bakal memanjakan pengunjung yang ingin refreshing. Di sebelah Taman Pintar Trunojoyo bagian utara terdapat wisata kuliner dan bagian selatan juga terdapat Pujasera yang menjadi salah satu pusat perputaran uang di kelurahan ini. Dan ada satu Pasar Tradisional yaitu Pasar Klojen , serta Kantor Arema FC, sebagai satu-satunya klub kebanggaan warga Malang Raya juga ada di Kelurahan Klojen, tepatnya di Jalan Kertanegara No. 7.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *