BERITA

Taman Indah Berbuah Adipura Kirana

MALANG KOTA- Keseriusan Wali Kota Malang Moch. Anton mengelola taman kota berbuah manis. Berkat keindahan sejumlah taman, Pemkot Malang diganjar Piala Adipura Kirana.

Penyerahan piala bergengsi di bidang lingkungan hidup itu akan berlangsung Jumat besok (22/7) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Presiden RI Joko Widodo rencananya akan menyerahkan langsung Piala Adipura Kirana kepada Moch. Anton.

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menyampaikan, anugerah Adipura Kirana tersebut diperoleh berdasarkan penilaian terhadap tiga aspek. ”Mulai dari ekonomi, lingkungan, dan sosial,” kata pria yang akrab disapa Wiwid ini.

Dari segi ekonomi, dilihat setelah Kota Malang dianggap berhasil memberdayakan masyarakat dalam sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). ”Terutama di bidang ekonomi kreatif,” ujarnya.

Selain pemberdaaan perekonomian masyarakat, masih kata Wiwid, keberhasilan Kota Malang untuk meraih penghargaan Adipura Kirana juga banyak mendapat poin maksimal di bidang lingkungan. ”Di bidang lingkungan, kita banyak mendapat apresiasi untuk taman-taman yang ada di Kota Malang,” terangnya.

Untuk diketahui, saat ini sudah lebih dari delapan taman fasilitas gratis yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Malang. Warga secara gratis bisa menikmati taman-taman itu. Tempat-tempat tersebut antara lain Alun-Alun Kota Malang, Alun-Alun Tugu, Taman Pintar Trunojoyo, Taman Slamet, Taman Merjosari, Taman Merbabu, Taman Kunang-Kunang, Taman Ijen, dan masih banyak area hijau lainnya.

Sementara itu, di bidang sosial, imbuh Wiwid, Kota Malang juga unggul dalam bidang partisipasi masyarakat. Ini berdasar hasil lomba pada ajang Otonomi Award 2016. Pada ajang yang digelar Pemkot Malang dan Jawa Pos Radar Malang itu, ditemukan banyak sektor partisipasi masyarakat yang unggul. Sehingga, tim juri Adipura melihat Kota Malang layak mendapat nilai bagus. Di antaranya pembangunan kampung-kampung hijau yang tersebar hampir di seluruh kelurahan yang ada di Kota Malang. (iik/c1/abm)

doli siregar/radar malang

 

Sumber : http://radarmalang.co.id/